Wednesday, December 17, 2008

Pemrograman Awal J2ME

Installasi SDK dan Editor

Proses instalasi JDK 5.0

Pada saat Anda men-download Java Development Kit (JDK) versi 5 , maka anda akan mendapati file jdk-1_5_0_xxx.exe yang dapat digunakan untuk instalasi JDK versi 5.


1. Jalankan program ini dengan klik ganda.

2. Tekan tombol Next untuk menginstall JDK.

3. Tunggu proses instalasi hingga selesai.

Setting Environtment Variable pada windows : Kita melakukan setting Environtment Variable pada windows agar system mengenal dimana java home berada.

1. Pilih Control Panel > System, pilih tab Advanced dan klik Environment Variables kemudian edit variable Path di System Variables tambahkan direktori java home di variable tersebut, sebagai contoh direktori java home pada komputer penulis adalah “C:\Program Files\Java\jdk1.5.0_16\bin”.



2. Setelah itu tes apakah compiler dan java runtime sudah dikenali oleh system. Caranya adalah dengan mengetikkan command javac (compiler) dan java (runtime) pada command prompt. Apabila pada command prompt menampilkan command lengkap dari program tersebut di atas maka setting environtment variable pada system sudah benar.

Proses instalasi WTK 2.5 :
1. Jalankan program ini dengan klik ganda.
2. Tekan tombol Next untuk menginstall JDK.
3. Apabila ada permintaan tentang JVM Location maka arahkan direktori ke Java Home (“C:\Program Files\Java\ jdk1.5.0_16”).
4. Tunggu proses instalasi hingga selesai. Untuk proses intalasi editor Textpad dan Netbeans secara umum sama saja dengan cara penginstalan software aplikasi yang lain.

No comments: